Return to site

Definisi VOC secara singkat

“VOC” tentu saja satu singkatan atau kata yang seringkali kita dengar pengertian voc serta kata itu ke arah ke tema mengenai Penjajahan Belanda di Indonesia. Seperti yang pernah dibicarakan dalam pelajaran-pelajaran di SMP ataupun SMA, Penjajahan Belanda diawali dari ekspedisi kapal yang di pimpin oleh tokoh bernama Cornelis de Houtman. Dari pelayaran ini, kapal Belanda bisa berlabuh di Nusantara yakni di Sumatera pada tanggal 6 Juni tahun 1596 dan di Banten pada 22 Juni.

Dalam bahasan awal mulanya Sumber Riwayat sudah membahas tentang materi Arah Kehadiran Belanda di Indonesia. Pada bahasan ini diterangkan jika salah satunya arah kehadiran belanda ialah untuk mencari rempah-rempah yang lalu dibawa ke Eropa untuk diperjualbelikan.

Keuntungan Belanda demikian besar dalam perdagangan ini, namun Belanda belumlah senang serta berupaya untuk lakukan Monopoli perdagangan di Indonesia. Dari usaha monopoli berikut lalu Belanda membuat satu kongsi dagang yang bernama VOC. Di bawah ini bahasan tentang pemahaman serta riwayat berdirinya VOC di Indonesia.

Pemahaman VOC

Apakah pemahaman VOC? Pertanyaan ini barangkali sempat terpikirkan oleh kita saat di bangku sekolah. VOC sendiri singkatan dari “Verenigde Oostindische Compagnie”, dari singkatan ini makna dari VOC ialah persekutuan dagang Hindia Timur atau dapat dimaksud pun kongsi dagang Belanda serta himpunan beberapa pedagang Belanda.

Kongsi dagang berikut yang lalu kuasai serta memonopoli perdagangan di Indonesia terutamanya pada perdagangan rempah-rempah. Kata “Kompeni” mungkin tidak asing di dengar, ini adalah panggilan buat kongsi dagang ini saat itu oleh penduduk Indonesia yang diambil dari kata “Compagnie”.

Riwayat Berdirinya VOC

Awal Penjajahan Belanda nyatanya lewat satu kongsi dagang bentukan Belanda yang bernama VOC, bukan oleh pemerintah Belanda langsung. VOC berdiri atas saran dari Kerajaan Belanda karena terdapatnya pertarungan dari beberapa pedagang Belanda. Saran ini berlangsung pada tahun 1598 serta pada tanggal 20 Maret 1602 dengan sah VOC lahir serta tercipta di kota Amsterdam.

Waktu berdiri, kongsi dagang VOC mempunyai hak-hak spesial dan kewenangan yang luas. Beberapa hak spesial yakni cetak uang sendiri serta hak lakukan monopoli perdagangan di Nusantara. VOC di dukung penuh oleh Kerajaan Belanda, contohnya saja kongsi ini mempunyai militer atau pasukan perang. Dari perihal ini, VOC mempunyai julukan negara di pada suatu negara.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly