Return to site

Sebab Kedatangan Belanda

Seperti yang kita kenali, Penjajahan Belanda hadir ke Indonesia lewat ekspedisi yang diawali pada tahun 1595 dengan 4 kapalnya yang di pimpin oleh Cornelis De Houtman. Kehadiran bangsa Belanda ke Indonesia tentu saja tidak dengan spontan dikerjakan, tapi ada sebabnya yang memengaruhi kehadiran itu. Faktor-faktor sebagai latar belakang penjajahan Belanda di Indonesia akan saling kita bahas dengan jelas dan singkat.

Di bawah ini faktor-faktor latar belakang Penjajahan Belanda di Indonesia :

Seperti yang kita kenali, Dampak Penjajahan Belanda hadir ke Indonesia lewat ekspedisi yang diawali pada tahun 1595 dengan 4 kapalnya yang di pimpin oleh Cornelis De Houtman. Kehadiran bangsa Belanda ke Indonesia tentu saja tidak dengan spontan dikerjakan, tapi ada sebabnya yang memengaruhi kehadiran itu. Faktor-faktor sebagai latar belakang penjajahan Belanda di Indonesia akan saling kita bahas dengan jelas dan singkat.

Di bawah ini faktor-faktor latar belakang Penjajahan Belanda di Indonesia :

Sebelumnya, lokasi Belanda adalah daerah jajahan Spanyol serta beberapa pedagang Belanda yang terpusat di Kota Rotterdam mesti beli hasil rempah-rempah di Kota Lisbon Portugis. Rempah-rempah ini didapat Portugis dari lokasi Asia (Nusantara serta sekelilingnya). Sesudah berlangsung pemberontakan yang dikerjakan Belanda pada kekuasaan Spanyol yang berjalan saat hampir 80 tahun. Belanda pada akhirnya sukses merdeka dari jajahan Spanyol, tokoh atau pahlawan penting perjuangan ini ialah William V. Oranye.

Sesudah Perang selesai, lalu waktu Spanyol di pimpin oleh raja Philip pada tahun 1580, dia sukses menjadikan satu Spanyol serta Portugis. Penggabungan ke-2 negara ini membuat Belanda tidak dapat kembali beli rempah-rempah yang berada di kota Lisbon sebab lokasi ini adalah lokasi sepanyol (musuh belanda). Dari perihal ini pula lalu membuat Belanda berinisiatif untuk mencari beberapa daerah penghasil rempah-rempah sendiri supaya perdagangan dapat kembali berjalan mulus.

Pada akhirnya dikerjakan lah ekspedisi mencari rempah-rempah, nyatanya ada panduan tentang daerah penghasil rempah-rempah yang didapat Portugis sekaligus juga jalan pelayaran yang dilewati. Panduan ini didapat dari seseorang bekas pelaut Belanda yang sempat kerja untuk Portugis bernama J.H Van Linscoten.

Latar Belakang Penjajahan Belanda

Dari ke-3 aspek tentang latar belakang Penjajahan Belanda ke Indonesia yang telah diterangkan di atas, point penting pemicu datangnya belanda ialah perang Belanda pada Spanyol. Perang ini berlangsung pada tahun 1560 serta tuntas 88 tahun lalu yaitu tahun 1648 Modal Membangun Bisnis.

Sebelum berlangsung perang atau sebelum penggabungan Spanyol serta Portugis, Belanda adalah penghubung pada penjualan rampah-rempah pada Lisbon Portugis dan di jual di lokasi Eropa Utara. Sesudah penggabungan Spanyol serta Portugis, pemungutan rempah-rempah dari Lisbon lalu selesai.

Sesudah sukses temukan daerah penghasil rempah-rempah yakni Nusantara (saat ini Indonesia), pihak Belanda lalu lakukan transaksi perdagangan serta rempah-rempah itu dibawa ke Eropa. Belanda mendapatkan rempah-rempah di harga yang begitu murah serta di jual dengan keuntungan yang berlipat-lipat. Perihal ini membuat perdagangan lama kelamaan dikuasai serta dimonopoli oleh Belanda